Sukses

Lihat! Kain Penutup Kabah Rp 61,4 M Diserahkan ke Juru Kunci

Rencananya, kiswa itu akan dipasangkan ke Kabah pada tanggal 9 Dzulhijah atau pada 14 Oktober mendatang.

Kiswa atau kain penutup Kabah telah diserah-terimakan kepada juru kunci Kabah saat ini. Penyerahan tersebut dilakukan pada Minggu, 6 Oktober waktu setempat.

Dilansir dari Arabnews yang dimuat Liputan6.com, Senin (7/10/2013), Sheikh Abdul Aziz Al-Sudais selaku kepala Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci--Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah-- yang melakukan penyerahan kiswa itu kepada Abdul Qader Al-Shaibi, penjaga kunci Kabah saat ini.

Rencananya, kiswa itu akan dipasangkan ke Kabah pada tanggal 9 Dzulhijah atau pada 14 Oktober mendatang.

Keluarga Shaibi telah menjadi juru kunci Kabah selama lebih dari 15 abad. Mereka bertanggung jawab terkait pemeliharaan Kabah, termasuk membuka dan menutup pintu, pembersihan, penggantian kiswa tahunan dan penerimaan pengunjung di dalam Kabah.

Kiswah kali ini senilai 20 juta riyal atau sekitar Rp 61,4 miliar, terbuat dari sutera alam murni sepenjang 14 meter yang dicelup dalam warna hitam. Pada segmen ketiga di kain penutup itu, terdapat sabuk. Lebarnya 95 cm dan panjangnya 45 meter.

Penutup itu terdiri dari 16 buah dan dipasang mengelilingi Kabah dari semua sisi. Sabuk tersebut disulam dengan benang perak yang dilapisi dengan emas. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.