Sukses

Di Masjidil Haram, Jusuf Kalla Sibuk Layani Foto Bersama Jemaah

Bagi jemaah Indonesia, wajah JK sangat familiar sehingga begitu melintas dan melihatnya, para jemaah datang bergerombol bersalaman.

Ramainya jamaah haji Indonesia memberi kesibukan tersendiri bagi Jusuf Kalla selama menunaikan ibadah haji, terutama di kawasan Masjidil Haram Mekah. Bagi jemaah Indonesia, wajah JK sangat familiar sehingga begitu melintas dan melihatnya, para jemaah datang bergerombol bersalaman dilanjutkan dengan foto bareng.

Seperti biasa, siapapun yang membawa ponsel pasti minta difotokan, bisa dibayangkan betapa repotnya di tengah hiruk pikuk lautan manusia, namun jemaah haji Indonesia tak mau lepas moment foto bersama JK.

JK sempat berkelakar kepada jamaah Haji indonesia yang kerap mencegahnya di halaman Masjidil Haram Mekah. ”Kalau foto dengan Onta biasa dikutip 5 riyal. Kalau dengan saya mantan Wapres, harus bayar 50 riyal,” kata JK di Jeddah, Sabtu (19/10/2013) waktu setempat. Sontak, kelakar JK pun disambut tawa jamaah haji Indonesia.

Sesi foto bareng terus dilakukan para jemaah. Ketika mereka Sai antara bukit Safa dan Marwah di dalam Mesjidil Haram, para jemaah Indonesia sudah menunggu di bukit Safa dan Marwah untuk minta foto bareng. Paling ramai sesudah sholat, ada saja jemaah yang mengenali JK dari berbagai kloter di Indonesia, yang dari Sumatera, Jawa seperti Purwokerto, Solo, Tegal, hingga Jamaah Sulawesi yang datang dari Poso, atau Morowali.

JK melayani para jemaah berfoto sambil menanyakan kondisi mereka selama beribadah dan layanan yang didapatkan selama menunaikan ibadah haji. Tetapi satu-dua jemaah justru balik memprovokasi JK agar maju nyapres pada 2014.

Selama menunaikan ibadah haji, meski JK menjadi tamu khusus kerajaan Arab Saudi sebagai undangan Kerajaan, namun JK selalu meluangkan waktu menyapa jemaah haji Indonesia di tempat tempat ibadah terutama di Masjidil Haram.

Zaenal salah seorang warga Indonesia mengaku senang bertemu dan berfoto dengan JK. “Kami punya kepuasan tersendiri bisa bertemu di tempat seperti ini dengan Pak JK, karena di Indonesia cuma biasa lihat di tv dan koran. Bisa bertemu di tanah suci, menjadi kenangan dan cerita tersendiri setiba di Tanah Aair,” tutur Zaenal senang. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.