Sukses

Di Mina, Seragam Jamaah Haji Indonesia Paling Mencolok

Jutaan jamaah haji melepas ihram dan mengenakan pakaian seragam masing-masing.

Ada pemandangan yang berbeda di Mina pada Rabu kemarin. Dari atas, terlihat warna-warni di tenda-tenda pemondokan itu. Padahal, dalam 2 hari belakangan, hamparan warna putih mendominasi.

Ya, karena saat itu para jamaah haji yang telah selesai melaksanakan lempar jumrah melepas ihram dan mengenakan seragam masing-masing negara.

Laman Arab News, Kamis (17/10/2013) memberitakan, di antara negara-negara lain, seragam yang dipakai jamaah dari Indonesia, Afrika, dan Pakistan, paling mencolok. Mereka mengenakan pakaian trasisional terbaiknya.

Sebelumnya, para jamaah haji itu melakukan lempar jumrah di kompleks Jamarat sebagai simbol melempar setan. Jamaah melemparkan masing-masing 7 kerikil pada 3 tembok di dalam Jamarat.

Setelah melaksanakan ibadah haji itu, air muka para jamaah haji terlihat sumringah. Mereka berjalan menuju Jamarat dengan senyum di bibir. Ada pula jamaah haji yang menelepon keluarga mereka di Tanah Air.

Mereka juga saling menyapa dengan jamaah haji lainnya. Petugas-petugas berseragam yang selama ini membantu kelancaran pelaksanaan haji turut dalam suka cita itu dan memberikan selamat. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.