Sukses

Arab Saudi Usir 15 Ribu Jamaah Haji Ilegal

Sejauh ini telah ada 63 biro perjalanan haji palsu yang dibongkar.

Tak memiliki izin, 15 ribu jamaah haji dipulangkan. Gubernur Mekah Pangeran Khaled Al-Faisal mengatakan, jamaah haji ilegal dihentikan di beberapa titik dan tak diperbolehkan melaksanakan ibadah haji.

Meski demikian, tidak disebutkan dari mana saja asal jamaah haji yang dipulangkan itu. Apakah hanya berasal dari dalam negeri Arab Saudi atau ada jamaah dari luar negeri.

Diberitakan laman Saudi Gazette, Jumat (11/10/2013), Faisal yang juga Kepala Komite Pusat Haji itu menambahkan, sejauh ini telah ada 63 biro perjalanan haji palsu yang dibongkar. Kasus biro haji palsu terakhir dibongkar di Dammam, yang membawa 150 jamaah haji ilegal.

Dia menambahkan, sebanyak 55 orang ditahan karena berusaha menyelundupkan jamaah haji ilegal ini. Sedangkan, sebanyak 12.200 kendaraan yang digunakan untuk beroperasi dikembalikan.

Sementara, polisi di provinsi timur telah menahan 47 orang. Dari jumlah tersebut, 24 orang merupakan ekspatriat yang bekerja pada 30 biro haji palsu--14 di Al-Ahsa, 5 di Dammam, 8 di Hafr Al-Batin, 3 di Al-Khobar, dan 1 di Jubail. Uang sebesar 90 ribu riyal disita dari biro haji palsu tersebut. (Eks/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini