Sukses

Pusat Belanja Unik Jeddah, Jamaah Haji Bisa Bayar Pakai Rupiah

Jamaah haji juga bisa bertransaksi menggunakan Bahasa Indonesia di pasar yang mulai buka jelang malam ini.

Di sela-sela kegiatan menunaikan ibadah haji, belanja oleh-oleh bisa jadi pilihan para jamaah. Di pusat belanja oleh-oleh di kawasan Balad, Kota Jeddah, jamaah haji Indonesia tidak perlu menggunakan bahasa Arab. Sebab, sejumlah pedagang bisa berbahasa Indonesia.

Keunikan lainnya, jamaah haji asal Indonesia tidak harus membayar dengan mata uang riyal atau dolar. Sebagaimana dilaporkan Tim Liputan 6 SCTV, Selasa (8/10/2013), para pedagang menerima pembayaran dengan menggunakan mata uang rupiah.

Tidak seperti kebanyakan pusat belanja di Indonesia yang mulai buka pagi atau siang hari. Aktivitas perdagangan di kawasan Balad justru mulai menggeliat jelang malam hari.

Berbagai oleh-oleh haji, mulai dari sajadah, karpet, tasbih, kurma, hingga parfum, menarik sejumlah jamaah asal Indonesia untuk belanja. Toko di daerah ini juga memfasilitasi pengiriman barang yang dibeli langsung ke tanah air. Sehingga tak membebani barang bawaan jamaah haji. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini