Sukses

Lempar Jumroh, Jemaah Haji Bisa Pakai 2 Terowongan Sejuk Ini

Tudung-tudung sudah dipasang menuju dua terowongan itu setelah keluar dari tenda Mina.

Untuk memudahkan jemaah haji menuju area melempar jumroh--Pemerintah Arab Saudi menyediakan 2 terowongan Muaisim. Terowongan sepanjang 2 kilometer itu dilengkapi dengan eskalator dan kipas angin berembun.

Prosesi jumroh dalam ibadah haji yakni melemparkan batu-batu kecil ke sejumlah tiang sebagai simbol permusuhan terhadap setan. "Mereka bisa berjalan kaki atau menggunakan ekskalator. Bagi jamaah yang lanjut usia harus ada yang membimbing masuk ekskalator itu," kata Kepala Daerah Kerja Madinah, Akhmad Jauhari di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (5/10/2013).

"Ini akan membuat jamaah Indonesia menjadi lebih nyaman saat bergerak untuk melempar jumrah, apalagi terowongan baru ini langsung menuju areal melempar jumrah sehingga meminimalkan jamaah yang tersesat," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Operasioanl Pengamanan Armina, Kasmudi, menuturkan, tudung-tudung sudah dipasang menuju dua terowongan itu setelah keluar dari tenda Mina untuk menghindarkan para jemaah dari terik matahari.

"Terowongan pertama adalah untuk menuju Jamarat dan terowongan ke dua untuk kembali ke tenda usai melepar jumrah," ujar Kasmudi. (Ant/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini