Sukses

[VIDEO] Arab Saudi Janji Tambah Kuota Haji Indonesia Mulai 2016

Arab Saudi berjanji meningkatkan kuota haji Indonesia mulai 2016. Kuota Indonesia nantinya bisa mencapai 350 ribu jemaah haji setiap tahun.

Kabar gembira bagi Anda calon jemaah haji Indonesia. Pemerintah Arab Saudi berjanji akan meningkatkan kuota haji mulai tahun 2016 sebagai kompensasi pemotongan kuota selama 3 tahun. Tahun ini, jemaah haji Indonesia berjumlah 211 ribu jemaah.

Seperti diketahui, kuota jemaah haji Indonesia telah dipangkas pemerintah Arab Saudi sebesar 20 persen hingga tahun 2016. Hal ini karena renovasi perluasan Masjidil Haram yang akan berlangsung selama 3 tahun. Akibatnya, puluhan ribu jemaah haji yang sudah terdaftar terpaksa batal berangkat haji ke Tanah Suci.

Namun, kekecewaan itu dipastikan tidak akan belangsung lama karena pemerintah Arab Saudi berjanji akan memberikan kompensasi jika Masjidil Haram telah selesai diperluas. "Mudah-mudahan dengan perluasan ini akan menjadi tempat yang lebih luas dan lebih nyaman untuk ibadah haji," ujar Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa Ibrahim al-Mubarak.

Yang jelas, lanjutnya, jika renovasi dan perluasan Masjidil Haram selesai, daya tampungnya akan lebih besar. "Saat pembangunan selesai, akan membuat lebih banyak orang untuk melakukan ibadah, termasuk dari Indonesia tentunya," ujar Mustafa seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Selasa (24/9/2013) pagi.

Diperkirakan, 3 tahun mendatang kuota jemaah haji Indonesia akan mencapai hampir 350 ribu orang. Selama ini kuota haji Indonesia adalah yang terbesar dibanding negara manapun di dunia. Jika nantinya bertambah hingga mencapai hampir 400 ribu jemaah, bisa dipastikan masa tunggu keberangkatan haji menjadi lebih cepat. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini